Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung Secara Alami

Sehatdaily.com-Secara umum komedo merupakan salah satu masalah pada kulit wajah yang kerap kali muncul dan membuat berkurangnya tingkat kepercayaan diri seseorang apalagi jika muncul komedo berwarna hitam atau lebih sering dikenal dengan blackhead komedo yang  sangat mengganggu penampilan kita.


Tetapi tenang saja, karena komedo dapat diatasi dengan cara penanganan medis dan alami. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi komedo pada wajah secara alami. Sebelum masuk ke pembahasan inti, alangkah lebih baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu apa itu komedo.

Komedo merupakan istilah tersumbatnya pori-pori wajah oleh tumpukan sel kulit mati, debu, sisa make up dan minyak (sebum) yang dihasilkan oleh folikel rambut. Massa yang menyumbat tersebut bertekstur lunak hingga mengeras, sesuai dengan lamanya berada di kulit.

Pada awalnya, semua komedo berwarna putih, namun ada beberapa yang menjadi kuning kehitaman. Hal ini terjadi pada komedo yang berada di dekat permukaan kulit. Paparan udara luar dan proses oksidasi membuat komedo berubah warna menjadi kekungingan hingga menghitam.

Inilah yang kemudian disebut komedo hitam (blackhead). Sementara yang tetap berada di dalam kulit hanya akan membentuk tonjolan yang dikenal sebagai komedo putih (whitehead).

Komedo hitam yang belum parah bisa ditangani dengan :

  • Menggunakan scrub. Cara ini tujuannya untuk mengangkat sel kulit mati penyebab komedo hitam. Namun pastikan menggunakan produk scrub yang bebas pewangi dan tidak membuat kulit kering.
  • Hindari kosmetik mengandung minyak. Agar minyak di wajah tidak berlebihan cobalah untuk mengganti kosmetik dengan yang berlabel non-comedogenic, karena jenis ini mengandung sedikit minyak.
  • Menggunakan obat-obatan. Beberapa jenis obat-obatan bebas yang dijual di apotik juga dapat digunakan untuk menghilangkan komedo hitam di hidung. Obat kulit ini umumnya berbentuk gel, patch (pore pack) atau krim dengan kandungan utama asam salisilat, benzoil peroksida atau resorcinol. Pemberian obat untuk komedo tujuannya untuk membunuh bakteri, mengurangi produksi minyak dan membantu proses pelepasan sel kulit mati. Penggunaan pore pack dalam bentuk strip termasuk yang cukup sering digunakan untuk mengangkat langsung komedo hitam di hidung.
  • Diet sehat untuk kulit. Mengatur pola makan juga dapat membantu mengurangi komedo hitam di hidung. Hindari asupan makanan tinggi gula dan lemak serta produk olahan susu serta perbanyak buah dan sayur.
  • Istirahat dan hindari stress. Stress dapat memicu produksi minyak kulit dan meningkatkan risiko munculnya komedo hitam di hidung. Untuk itu memperbanyak istirahat dan menghindari stress juga akan membantu mempercepat penyembuhan.

Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung Secara Alami


1. Baking soda dan lemon
Baking soda merupakan bahan dapur dengan kemampuan eksfoliating yang dapat mengangkat sel kulit mati. Sementara lemon mengandung vitamin C dan pemutih yang dapat membantu membersihkan dan menutrisi pori-pori kulit. Oleh karena itu, gabungan keduanya cukup ampuh menghilangkan komedo hitam di hidung.
  • Campurkan 1 sdt baking soda dengan ½ atau ¼ sdt sari lemon hingga membentuk pasta.
  • Gunakan pasta tadi pada hidung berkomedo hitam dan biarkan hingga kering. Pasta ini juga bisa digunakan untuk seluruh wajah.
  • Setelah kering cuci bersih wajah dengan air dingin.
  • Karena kulit akan lebih sensitif terhadap cahaya matahari setelah penggunaan lemon sebaiknya hindari paparan sinar matahari langsung setelah perawatan ini atau lakukan perawatan pada malam hari.
  • Lakukan cara ini sekali seminggu.

2. Gel lidah buaya
Lidah buaya merupakan bahan alami dengan beragam manfaat untuk kulit. Sifat anstringen alami lidah buaya dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit sehingga mencegah munculnya komedo hitam. Langkah-langkah menggunakan lidah buaya seperti berikut:
  • Siapkan 1 sdt gel lidah buaya segar.
  • Balurkan pada hidung atau keseluruh wajah. Biarkan hingga kering.
  • Setelah kering cuci bersih wajah dengan air hangat kuku.
  • Lakukan 2 kali sehari untuk hasil maksimal.

3. Pasta gigi dan garam
Pasta gigi dapat berfungsi mengangkat minyak berlebih di kulit sementara bulir-bulir garam dapat bertindak sebagai scrub alami yang dapat mengangkat sel kulit mati. Kombinasi keduanya dapat membantu menghilangkan dan mencegah komedo hitam di hidung. Cara penggunaannya seperti berikut:
  • Campurkan 1 sdt pasta gigi dengan 1 sdt garam halus.
  • Oleskan campuran tadi pada hidung dan biarkan hingga kering.
  • Setelah kering, basahi jari dengan air kemudian gosok hidung perlahan untuk menghilangkan pasta gigi dan garam tadi. Kemudian bersihkan wajah dengan air dingin.
  • Lakukan cara ini 1 - 2 kali seminggu untuk hasil terbaik.

4. Terapi uap
Cara ini bukan untuk menyembuhkan komedo hitam, namun untuk mempermudah proses pengangkatan komedo hitam di hidung. Cara ini juga bisa dilakukan sebelum mengaplikasikan cara-cara sebelumnya di atas.
  • Pertama siapkan mangkuk besar seukuran wajah, air panas dan handuk kering.
  • Tuangkan air panas kedalam mangkuk kemudian arahkan wajah kurang lebih 10 cm diatas mangkuk kemudian tutupi kepala dengan handuk. Lakukan hingga kurang lebih 5 menit.
  • Setelahnya cobalah untuk mengangkat komedo dengan alat atau menggunakan bantuan pasta bahan alami yang dipaparkan di atas.
  • Lakukan paling tidak sekali seminggu atau menyesuaikan dengan terapi lainnya.

Jika menggunakan salah satu cara diatas belum berhasil dan justru membuat komedo Anda menjadi semakin parah maka alangkah baiknya Anda segera konsultasikan masalah tersebut pada dokter kulit Anda. Itu saja cara menghilangkan komedo hitam secara alami yang saya bagikan. Share artikel ini bila bermanfaat, Anda juga bisa menemukan artikel semacam ini di https://www.honestdocs.id/

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Komedo Hitam di Hidung Secara Alami"