Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Permanen

Apa jadinya jika bau badan yang tidak sedap dan menyegat terjadi pada diri kalian tanpa kalian sendiri sadari? Iya tidak sadar. Karena memang terkadang kita sudah terbiasa dengan bau badan di tubuh kita sehingga ketika aroma kita tidak enak seolah itu sudah menjadi hal yang wajar, makanya kitapun sering tidak sadar dengan aroma tubuh kita sendiri. Lalu sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab dari bau badan kita? Dan bagaimana cara menghilangkan bau badan secara permanen?

Baca juga : Tips Makanan Sehat Sehari-Hari

Penyebab utama dari bau badan adalah keringat. Semua orang tentu mempunyai kelenjar keringat. biasanya keringat tidak memiliki bau. Tetapi jika terlalu lama melekat pada kulit bahkan sampai berjam-jam, tentu akan menimbulkan masalah bau badan. Selama keringat menempel pada tubuh, bakteri-bakteri secara alamiah ada di kulit akan berkembang biak dengan cepat sehingga bau badan menjadi tidak sedap.

Keringat yang bau dihasilkan oleh kelenjar apokrin. Keringat sendiri dihasilkan oleh dua kelenjar penting dalam tubuh yaitu kelenjar accrine dan kelenjar apokrin. Kelenjar accrine adalah tempat dimana kelenjar bening dan kelenjar tidak bebrbau dihasilkan sejak bayi. Biasanya berada di tangan, punggung, dan dahi. Kelenjar accrine menghasilkan keringat yang berguna menurunkan suhu tubuh pada waktu tertentu.


Sedangkan bau badan yang tidak sedap berasal dari kelenjar apokrin. Kelenjar ini terletak jauh berada di dalam kulit. Biasanya kelenjar ini berada di bagian-bagian lipatan pada tubuh seperti ketiak. Ketiak memiliki pori-pori yang cukup besar untuk mengeluarkan keringat. kelenjar akan berekresi bersama bakteri yang berperan dalam proses pembusukan, oleh karena itu timbul bau badan yang tidak sedap. Kelenjar apokrin sendiri baru aktif setelah pubertas. Setelah kalian mengetahui bau badan tidak sedap dan menyengat, langsung saja kalian membaca cara menghilangkan bau badan tidak sedap dan menyengat menurut artikel dibawah ini.

Cara Menghilangkan Bau Badan Dengan Ramuan Tradisional

#1 Daun Sirih. Kandungan anti oksidan yang tinggi pada daun sirih ampuh dalam membasmi masalah kesehatan. Daun sirih dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit karena kandungan di dalamnya. Vitamin C, tiamin, niacin, riboflavin, dan karoten ada pada daun sirih. Dauh sirih ini menjadi cara efektif menghilangkan bau badan dan keringat berlebih secara cepat. Untuk dapat menghilangkan bau badan dengan daun sirih caranya :

  • Ambil 2 lembar daun sirih, lalu rebus dengan dua gelas air
  • Kemudian campurkan pada bak air yang kalian gunakan untuk mandi
  • Lalu mandilah dengan menggunakan air rebusan tersebut
  • Lakukan hal tersebut secara rutin maka masalah bau badan kalian akan segera hilang

#2 Daun Beluntas. Daun beluntas merupakan tanaman kecil yang sering tumbuh di pinggiran pantai. Dau beluntas merupakan tanaman liar yang dapat tumbuh meskipun tanpa dirawat. Daun beluntas mengandung banyak sekali senyawa yang tentunya dapat bermanfaat bagi tubuh. Ada alkaloid, minyak atsiri, fosfor, kalsium, magnesium, lemak, natirum, falovonoid, tanin, asam amino, vitamin A dan juga vitamin C. Cara menghinlangkan bau badan menggunakan daun ini :

  • Rebus daun beluntas hingga matang
  • Minum rebusan air ini secara rutin, sebanyak 2 kali dalam sehari

#3 Temulawak. Temulawak juga mengandung minyak atsiri dan zat-zat lain seperti sapomin dan flavoinoida yang dapat menghilangkan bau badan. Untuk menghilangkan bau badan menggunakan temulawak, caranya adalah :

  • Parut temulawak hingga halus
  • Kemudian beri air sembari diperas
  • Tambahkan satu sdt madu untuk menghilangkan baunya
  • Minum air perasan temulawak tersebut

#4 Daun Kemangi. Minyak atsiri yang dipercaya dapat menghilangkan bau badan ada dalam kemangi. Selain itu kemangi juga berfungsi sebagai antiseptik. Cara untuk menghilangkan bau badan dengan dau kemangi adalah :

  • Kalian cukup memakannya sebagai lalapan
  • Cukup dengan segenggam kemangi setiap pagi dan sore

Namun jika kalian tidak menyukai kemangi sebagai lalapan. Kalian dapat menggunakan kemangi untuk menghilangkan bau badan dengan mengguanakannya sebagai teh, caranya adalah :

  • Jemur daun kemangi hingga kering
  • Lalu tumbuk hingga halus, seduh dengan air panas lalu disaring
  • Minum 2 kali sehari secara rutin

#5 Jeruk Nipis. Tidak hanya jenis jeruk purut saja yang memiliki efek baik bagi tubuh. Jeruk nipis ternyata juga memiliki segudang manfaat lho. Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan flavonoid. Kandungan lainnya dalam jeruk nipis adalah asam sitrat, besi, tembaga, kalium, kalsium, serat dan kalori. Cara menghilangkan jeruk nipis bisa kalian lakukan dengan solusi mudah berikutnya yaitu :

  • Belah jeruk nipis menjadi dua bagian
  • Oleskan pada bagian ketiak kalian, sama seperti pengaplikasian deodoran pada ketiak kalian

#6 Bawang Putih. Aromanya yang menyengat membuat kita tidak suka dengan bawang putih. Padahal bawang putih berguna sebagai anti bakteri karena kaya akan anti oksidan. Yang membuat bau bawang putih menyengat adalah kandungan sulfur yang disebut dengan allicin. Untuk pemakaian cara menghilangkan bau ketiak dengan bawang putih adalah :

  • Haluskan 3 siung bawang putih, lalu oleskan pada ketiak
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit , lalu bilas dengan air bersih
  • Cara Menghilangkan Bau Ketiak Dengan Pola Hidup Sehat

Cara Menghilangkan Bau Ketiak Dengan Pola Hidup Sehat

Selain menggunakan cara tradisional ternyata untuk mencegah dan menghilangkan bau ketiak pada tubuh juga bisa dilakukan dengan melakukan pola hidup sehat. Berbeda dengan menggunakan cara tradisional yang membutuhkan bahan dan ramuan terlebih dahulu, kalau menggunakan pola hidup sehat kalian cukup menjaga sebagaimana tubuh kalian agar tetap terjaga dari bau ketiak. Lalu sebenarnya bagaimana cara menjaga pola hidup sehat untuk menghilangkan bau ketiak? Simak pembahasan berikut.

  • Mandi dua kali sehari—kalian termasuk orang yang jarang mandi? Sebaiknya jangan diteruskan. Hal tersebut akan menyebabkan bakteru penyebab bau badan semakin berkembang tidak terkendali. Dengan mandi dua kali sehari, efektif untuk membunuh bakteri penyebab bau badan.
  • Hindari makanan penyebab bau badan—selain menjaga kebersihan dengan mandi dua kali sehari. Kalian juga harus mengatur makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh. Memang ada beberapa makanan yang dapat memicu berkembangnya bakteri penyebab bau badan secara cepat salah satunya adalah alkohol lalu ada daging merah, kafein, makanan cepat saji dan tembakau.
  • Mengonsumsi buah-buahan—sudah tidak perlu dijelaskan lagi bahwa buah-buahan memang menyehatkan bagi tubuh. Karena buah-buahan mudah dicerna oleh tubuh, maka sistem pencernaan tubuh agar berfungsi sempurna sehingga tidak akan ada lemak yang tertimbun yang malah kemudian menyebabkan berat badan bertambah dan bau badan.
  • Rajin Minum Air Putih—proses berkeringat akan semakin lancar dengan bantuan air mineral. Dengan lancarnya berkeringat, maka bakteri yang terdapat pada pori akan keluar juga dari tubuh. Minumlah minimal delapan gelas air mineral setiap harinya.



Post a Comment for "Cara Menghilangkan Bau Ketiak Permanen"