Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Membuat Sop Iga Sapi Bakar Termantab

Resep Untuk Membuat Sop Iga Sapi Bakar Paling Enak – Salah satu menu makanan yang mungkin sudah tidak asing lagi didengar di telinga kalian yaitu sajian sup iga sapi.


Hidangan yang dibuat menggunakan bahan dasar iga sapi ini memang dikenal karena rasanya yang sangat nikmat dan juga lezat.  Sop iga sapi bakar ini tidak hanya terdiri dari iga sapi saja namun terdapat paduan sayurannya berupa kentang, wortel dan lain-lain.

Selain itu kolaborasi yang terjadi antara bumbu dan rempah khas Indonesia menjadikan masakan sop iga sapi ini sangat spesial, mulai dari rasanya hingga tampilannya yang terbilang begitu terlihat istimewa.

Ayah saya sendiri merupakan salah satu orang yang sangat menyukai sekali masakan sop iga sapi, sehingga tidak jarang ketika sedang makan di luar rumah, sop iga sapi sering menjadi pilihan makanan yang dipesan oleh ayah saya.

Disamping itu, saya rasa sop iga sapi sendiri menurut saya sangat cocok untuk digunakan sebagai makan malam keluarga karena porsinya yang terbilang besar dan juga rasanya yang enak, saya kira tidak ada salahnya apabila digunakan sebagai menu makan malam bersama keluarga.

Bagi kalian yang sudah biasa mampir di restoran atau rumah makan mungkin rasa ingin menyantap sup iga sapi selalu menjadi prioritas menu pilihan. Rasanya yang begitu menggoda sehingga membuat kalian ingin segera menyantap sup iga sapi.

Sup iga sapi bakar ini rasanya memang sudah tidak diragukan lagi apalagi jika iga yang dibuat sup ini dibakarkan terlebih dahulu, tentu rasanya akan lebih lezat dan gurih.

Bagi kalian yang ingin mencoba membuat sup iga sapi bakar, saya rasa tidak ada salahnya bila mencoba resep membuat sop iga sapi bakar paling enak yang satu ini.

Bahan Utama Yang Diperlukan Untuk Membuat Sop Iga Bakar

[1] Iga sapi 750 gram (potong sesuai selera)
[2] Kecap asin 1 sendok makan
[3] Lengkuas 2 cm ( memarkan )
[4] Air jeruk lemon 1 sendok makan
[5] Air bersih 1 liter
[6] Seledri 1 batang ( buat simpul )
[7] Daun salam 2 lembar
[8] Daun bawang 1 batang ( buat simpul )
[10] Daun jeruk 3 lembar ( buang tulang daunnya )

Bumbu Yang Perlu Dihaluskan

[1]Black paper bubuk ½ sendok teh
[2] Bawang putih 3 butir
[3] Pala bubuk ½ sendok the
[4] Jahe 2 cm

Bahan Untuk Membuat Sup Iga Sapi

[1] Daging bagian sandung lamur 2 ons ( potong kecil )
[2] Kentang 150 gram ( potong kotak )
[3] Wortel 150 gram ( potong-potong )
[4] Gula pasir 1 ¼ sendok teh
[5] Air bersih 1 ½ liter
[6] Jeruk limau 5 buah
[7] Garam 1 sendok makan
[8] Bawang putih goreng ½ sendok makan ( remas-remas )
[9] Daun bawang 2 batang ( potong serong )
[10] Black paper sangrai 1 sendok teh (tumbuk kasar )

Cara Membuat Sop Iga Bakar Spesial

[A] Pertama campurkan iga dan daging sapi dengan air jeruk lemon, daun jeruk, daun salam, bumbu halus dan kecap asin lalu remas-remas hingga iga terbalur dengan bumbu, agar meresap biarkan selama 30 menit.

[B] Iga sapi bersama bumbu baluran lalu ditambah air, daun bawang dan seledri kemudian dipresto selama 40 menit atau hingga empuk lalu sisakan air kaldunya sebanyak 750 ml.

[C] Iga sapi yang sudah empuk kemudian dibakarkan sambil diolesi dengan lelehan margarine, bakar hingga harum dan matang kecoklatan.

[D] Selanjutnya membuat sup, rebuskan air bersama tambahan air kaldu dan daging sampai empuk lalu masukkan iga bakar bersama sayuran, biarkan hingga matang.

[E] Masukkan gula, merica hitam bawang putih goreng, daun bawang serta garam, aduk dan masak sebentar hingga mendidih lalu angkat.

[F] Tuangkan sup iga sapi bakar pada mangkuk saji lalu tambah perasan jeruk limau dan sajikan.

Post a Comment for "Resep Membuat Sop Iga Sapi Bakar Termantab "