Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Informasi Peluang Kerja Jurusan Akuntansi Fresh Graduate

Peluang Kerja Akuntansi Fresh Graduate-Mungkin masih ada beberapa dari kalian yang masih bingung untuk menentukan jurusan saat kuliah nanti. Pentingnya mencari informasi mengenai jurusan yang akan kalian pilih juga sangat krusial. Pada artikel ini saya akan membahas mengenai peluang kerja yang didapat jika memilih jurusan akuntansi. Entah latar belakang pendidikan kalian di SMA, IPS ataupun IPA saya rasa jika mau giat belajar maka akan dengan mudah memahami akuntansi.


Dalam beberapa kasus, saat duduk dibangku SMA anak IPS tentunya sudah diberi bekal dasar-dasar akutansi, sehingga hal ini tentunya menjadi keuntungan tersendiri bagi seseorang yang telah diberi bekal tersebut. Sehingga pada bangku perkuliahan akan sangat membantu dalam memahami materi akuntansi. Dengan giat belajarpun pasti materi akuntansi dapat kalian pahami. Mungkin timbul pertanyaan, setelah lulus dari jurusan akuntasi mau kerja dimana? Dan mau keja apa?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut saya akan menjabarkan mengenai apa itu akuntan terlebih dahulu. Akuntan adalah  adalah seseorang yang bertugas untuk menganalisa informasi keuangan dan mempersiapkan laporan keuangan. Laporan tersebut berfungsi untuk menentukan atau mempertahankan arsip aset, kewajiban, keuntungan dan kerugian, kewajiban pajak, atau kegiatan keuangan lainnya dalam suatu organisasi (Youthmanual).

#Tugas Menjadi Seorang Akuntan

Secara singkat, tugas seorang akuntan adalah membuat catatan keuangan suatu perusahaan. Akuntan dapat bekerja untuk pemerintah, perusahaan, ataupun organisasi. Akuntan juga menyiapkan laporan keuangan seperti perpajakan, dan memastikan pajak dapat dibayarkan tepat waktu. Mereka juga dapat menyarankan cara untuk meningkatkan keuangan dengan cara mengevaluasi anggaran.

Akuntan juga membuat rekomendasi kepada manajer mengenai cara untuk mengurangi biaya operasional, supaya suatu usaha dapat berjalan dengan efisien dan efektif, dan meningkatkan untung bagi suatu usaha. Beberapa akuntan juga bisa mengivestigasi kecurangan dalam penjalanan suatu usaha atau organisasi. Selain membuat laporan dan juga rekomendasi, mereka juga harus menjelaskannya dengan cara yang mudah sehingga dapat dimengerti kepada manajer, pemegang saham, dan pihak yang terlibat lainnya.

#Gaji Rata-Rata Seorang Akuntan

Untuk di Indonesia sendiri gaji rata-rata seorang akuntan berkisar pada 3.6 jt-6.9 jt, data ini saya peroleh melalui situs Youthmanual. Sedangkan dari (Hotcourses) Menurut data statistik terbaru dari Biro Tenaga Kerja Amerika, rata-rata penghasilan dari seorang akuntan adalah $65,940 per tahun.

Jumlah gaji seorang akuntan dengan akuntan lainnya bisa sangat bervariasi, tergantung bidang, lokasi, jam kerja, pengalaman kerja dan berbagai faktor lainnya. Biro Tenaga Kerja Amerika sendiri melaporkan 10% akuntan digaji hampir $116,000 per tahun. Para akuntan dengan jam kerja yang lebih panjang mendapatkan bayaran lebih tinggi.

#Profesi Lulusan Jurusan Akuntansi

A] Akuntan Publik, dapat bekerja secara individual atau dengan perusahaan. Mereka menyiapkan dan menganalisa bebagai dokumen dan laporan keuangan. Profesi ini harus mengerti regulasi perpajakan dengan baik, dan terus mengikuti perkembangan terbaru dari regulasi perpajakan. Pemegang gelar S1 akuntansi dengan sedikit pengalaman kerja biasanya dibayar $54,000 per tahun.

B] Petugas Akuntan. Profesi ini mencatat data dan memperbaharui dokumen keuangan. Mereka tidak menganalisa data seperti akuntan, tetapi hanya menyediakan data. Profesi ini bisa bekerja di segala macam industri.

Pekerjaan di bidang ini menggunakan komputer dan teknologi. Biasanya tidak diperlukan kualifikasi khusus untuk dapat diterima bekerja di profesi ini. Gaji rata-rata per tahun adalah $31,030. Jika bekerja lepas/freelance akan dibayar mulai dari $16 per jam tergantung beban kerja dan pengalaman.

C] Manajer Akuntansi. Manajer Akuntansi sendiri menggunakan data-data keuangan untuk membuat keputusan keuangan yang menguntungkan perusahaan. Seorang manajer akuntansi harus merencanakan anggaran dan menjadi atasan dari para akuntan yang bekerja untuk suatu perusahaan.

Profesi ini membutuhkan keahlian komunikasi yang kuat, juga dapat mengelola dan memimpin, serta menginterpretasikan data keuangan untuk menyusun solusi ataupun rekomendasi strategis bagi perusahaan.

Seorang manajer akuntansi biasanya digaji pada rentang antara $64,000 hingga $86,100 atau lebih per tahun. Jika memiliki akreditasi CMA, kemajuan karir bisa ditingkatkan lagi, biasanya bisa mencapai kenaikan gaji sekitar 24%.

D] Asisten Akuntansi. Asisten akuntansi memiliki tugas membantu pekerjaan seorang akuntan. Ini bisa menjadi kesempatan yang baik untuk mengawali karir di bidang akuntansi. Asisten akuntansi mengerjakan beragam tugas seperti pembukuan, mencatat laporan keuangan, buku besar dan juga tugas-tugas dasar lainnya.

Jika bekerja per jam biasanya akan dibayar sekitar $12.00 hingga $17.00 per jam, dan akan dibayar lebih jika lembur. Bayaran per tahun yang diterima asisten akuntansi adalah sekitar $28,000 hingga $39,000 per tahun.

E] Certified Public Accountants (CPA). Karir CPA adalah salah satu profesi dengan bayaran tertinggi di Amerika. Seorang CPA bertugas untuk melakukan audit hingga menganalisa keuangan, memberikan masukan untuk kebijakan keuangan, serta melaporkan konsekuensi pajak. 

Sebelum dapat menempati profesi ini, perlu terlebih dahulu lulus ujian sertifikasi  CPA. Setelah memiliki kualifikasi tersebut, kamu akan dibayar mulai dari $73,800 hingga $90,500 per tahun. Ingin mendapat bayaran lebih? Tambahan gelar MBA bisa meningkatkan gajimu sekitar 18%.

F] Akuntan Biaya. Akuntan biaya menganalisa biaya dari suatu perusahaan dan memberi masukan dan solusi supaya biaya-biaya tersebut dapat dikurangi, dan dengan demikian keuntungan dapat dimaksimalkan. Gaji rata-rata profesi ini adalah $49,300 hingga $58,000 per tahun.

C] Account Officer. Account Officer menilai, mengevaluasi, dan mengusulkan nilai pinjaman atau piutang yang dapat diberikan oleh sebuah perusahaan atau instansi ke pihak luar. Pendapatan rata-rata adalah  $37,805 hingga $49,260 per tahun.

Source @Youthmanual and @Hotcourses

Post a Comment for "Informasi Peluang Kerja Jurusan Akuntansi Fresh Graduate"