Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memulihkan Suara Yang Hilang

Ketika kita sedang menonton suatu konser sudah menjadi hal yang wajar jika kita berteriak-teriak, tetapi karena nya terkadang malah membuat suara kita hilang pada hari berikutnya. Suara yang hilang disini bukan berarti tidak bisa bicara sama sekali, akan tetapi masih bisa bicara namun suaranya lebih cenderung serak dan kadang bahkan nyaris tidak terdengar. Jika itu terjadi pada kalian jangan keburu panik, tenang karena ada banyak pilihan cara yang dapat kalian lakukan untuk mengembalika suara.

Baca juga : Cara Menggemukan Badan Yang Kurus

Suara yang kalian keluarkan setiap harinya dihasilkan dari organ laring (kotak suara) bersamaan dengan  pita suara. Udara yang masuk kedalam tenggorokan akan membuat pita suara begetar agar dapat menghasilkan suara dengan jelas. Dalam beberapa kasus laring akhirnya meradang. Kondisi ini disebut laringitis yang bisa terjadi karena beberapa sebab. Entah karena infeksi virus, atau karena terlalu sering teriak-teriak. Peradangan pada laring juga menyebabkan pita suara di dalamnya membengkak. Hal inilah yang menyebabkan suara kalian menjadi serak ataupun tidak bisa keluar.


Nah, sobat sehat, jagan bingung jangan khawatir karena biasanya suara yang hilang bisa sembuh sendiri meski akan membutuhkan waktu yang berbeda-beda. Namun, jika kalian ingin cepat sembuh, kalian bisa bernafas lega, karena sekarang terdapat berbagai macam pilihan cara yang dapat kalian tempuh agar bisa mengembalikan suara kalian yang serak atau yang hilang tadi. Beberapa cara diantaranya adalah sebagai berikut.

#1 Perbanyak Minum Air Putih.  Peradangan pada laring akan membuat jaringan di dalamnya tidak dapat berfungsi dengan semestinya sehingga kalian sulit berbicara dengan jelas, tutur Joshua B. Silverman, MD, PhD, selaku kepada di Departemen Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT) di Long Island Jewish Medical Center.
  • Salah satu langkah untuk mengobati suara yang hilang adalah dengan cara menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Sebab ketika kalian mengalami laringitis, maka seluruh mulut dan bagiannya akan terasa sangat kering. Asupan air putih yang kurang tentunya dapat menyebabkan tenggorokan, termasuk juga laring akan menjadi semakin kering. Akibatnya, suara yang hilang makin sulit untuk dikembalikan.


#2 Minum Air Hangat. Selain dengan cara memperbanyak minum air putih, cairan hangan sebenarnya juga bisa menjadi pilihan selanjutnya sebagai cara yang bisa kalian lakukan untuk mengembalikan suara yang hilang. Kalian bisa menyeruput segelas air putih hangat, juga teh herbal hangat, serta susu hangat. Atau cara lainnya, kalian bisa mengkonsumsi pada makanan berkuah seperti sup kaldu ataupun sup sayuran yang hangat.
  • Kenapa harus menggunakan air hangat? Pasalnya air hangat dipercaya dapat membantu melegakan tenggorokan yang mengalami iritasi. Sebailknya, kalian harus bisa menghindari minuman seperti kopi, teh hitam, soda ataupun minuman berkafein lainnya karena dengan meminum minuman itu akan malah membuat kalian lebih dehidrasi.


#3 Istirahatkan Suara Kalian. Dari dua hal yang telah di paparkan diatas, hal terpenting yang harus kalian ingat adalah mengistirahatkan suara kalian agar tidak terlalu terbebani. Sebab, jika kalian terlalu sering menggunakan suara malah dapat menghambat proses dari penyembuhan.
  • Itu sebabnya cobalah untuk puasa berbicara dalam beberapa waktu hingga suara kalian yang hilang dapat kembali. Namun tidak berarti kalian tidak boleh berbicara sama sekali.
  • Berbicaralah dengan volume yang secukupnya dan usahakan hindari untuk berteriak-teriak.  Juga tidak usah berbisik-bisik, karena sebenarnya berbisik justru akan lebih membebani pita suara lebih keras ketimbang kalian menggunakan suara normal.


#4 Jaga Lingkungan Tetap Lembab. Lingkungan yang lembab dapat membatu kalian menjaga agar proses penyembuhan dapat berjalan dengan cepat, karena udara yang kalian hirup akan turut masuk kedalam tenggorokan sehingga dapat mempengaruhi laring. Itulah sebabnya kalian lebih dianjurkan untuk menjaga lingkungan di sekitar kalian tetap lembab selama proses penyembuhan.
  • Tidak perlu bingung, karena kalian dapat meletakkan humidifier pada beberapa bagian di rumah kalian untuk menjaga kelembapan udara sekaligus melegakan saluran pernafasan. Mandi dengan air panas juga dapat menjadi alternatif lainnya berkat uap panas yang dihasilkan.


#5 Hindari Rokok Juga Alkohol. Merokok dan meminum alkohol dapat memperparah suara yang hilang sehingga dapat mengganggu proses penyembuhan. Bukan tanpa alasan, karena rokok dan alkohol dapat memicu dehidrasi dan juga dapat memperburuk iritasi pada tenggorokan.
  • Maka jika kalian merokok dan meminum alkohol dapat menyebabkan proses penyembuhan pun semakin lama bahkan cenderung lebih sulit. Kalian juga tidak dianjurkan untuk berada pada lingkungan yang terdapat perokok aktif selama menjalani proses pemulihan.


Post a Comment for "Cara Memulihkan Suara Yang Hilang"